Perang Badar
Perang Badar terjadi pada 7
Ramadhan, dua tahun setelah hijrah. Ini adalah peperangan pertama yang mana
kaum Muslim (Muslimin) mendapat kemenangan terhadap kaum Kafir dan merupakan
peperangan yang sangat terkenal karena beberapa kejadian yang ajaib terjadi
dalam peperangan tersebut. Rasulullah Shallalaahu 'alayhi wa sallam telah
memberikan semangat kepada Muslimin untuk menghadang khafilah suku Quraish yang
akan kembali ke Mekkah dari Syam. Muslimin keluar dengan 300 lebih tentara
tidak ada niat untuk menghadapi khafilah dagang yang hanya terdiri dari 40
lelaki, tidak berniat untuk menyerang tetapi hanya untuk menunjuk kekuatan
terhadap mereka. Khafilah dagang itu lolos, tetapi Abu Sufyan telah menghantar
pesan kepada kaumnya suku Quraish untuk datang dan menyelamatkannya. Kaum
Quraish maju dengan pasukan besar yang terdiri dari 1000 lelaki, 600 pakaian
perang, 100 ekor kuda, dan 700 ekor unta, dan persediaan makanan mewah yang
cukup untuk beberapa hari.
Kafir Quraish ingin menjadikan
peperangan ini sebagai kemenangan bagi mereka yang akan meletakkan rasa takut
di dalam hati seluruh kaum bangsa Arab. Mereka hendak menghancurkan Muslimin
dan mendapatkan keagungan dan kehebatan. Banyangkan, pasukan Muslimin dengan
jumlah tentara yang kecil (termasuk 2 ekor kuda), keluar dengan niat mereka
hanya untuk menghadang 40 lelaki yang tidak bersenjata akan tetapi harus
menghadapi pasukan yang dipersiapkan dengan baik -3 kali- dari jumlah mereka.
Rasulullah SAW dengan mudah meminta mereka Muslimin untuk perang dan mereka
tidak akan menolak, akan tetapi, beliau SAW ingin menekankan kepada pengikutnya
bahwa mereka harus mempertahankan keyakinan dan keimanan dan untuk menjadi
pelajaran bagi kita. Beliau SAW mengumpulkan para sahabatnya untuk mengadakan
musyawarah. Banyak di antara sahabat Muhajirin yang memberikan usulan, dengan
menggunakan kata-kata yang baik untuk menerangkan dedikasi mereka. Tetapi ada
seorang sahabat yaitu Miqdad bin Al-Aswad ra., dia berdiri dihadapan mereka
yang masih merasa takut dan berkata kepada Rasulullah SAW,
"Ya Rasulullah (SAW)!, Kami
tidak akan mengatakan kepadamu seperti apa yang dikatakan oleh bani Israel
kepada Musa (AS), 'Pergilah kamu bersama Tuhanmu, kami duduk (menunggu) di
sini'( Dalam surah Al-Maidah). Pergilah bersama dengan keberkahan Allah dan kami
akan bersama dengan mu !".
Rasulullah SAW merasa sangat suka,
akan tetapi Rasulullah hanya diam, beliau menunggu dan beberapa orang dari
sahabat dapat mengetahui keinginan Beliau SAW. Sejauh ini hanya sahabat
Muhajirin yang telah menyatakan kesungguhan mereka, akan tetapi Beliau menuggu
para sahabat Anshor yang sebagian besar tidak hadir dalam baiat 'Aqaabah untuk
turut serta dalam berperang melawan kekuatan musuh bersama-sama Rasulullah SAW
di luar kawasan mereka. Maka, pemimpin besar sahabat Anshor, Sa'ad bin Muadh
angkat bicara, "Ya Rasulullah (SAW) mungkin yang engkau maksudkan adalah
kami". Rasulullah SAW menyetujuinya. S'ad kemudian menyampaikan pidatonya
yang sangat indah yang mana dia berkata,
"Wahai utusan Allah, kami telah
mempercayai bahwa engkau berkata benar, Kami telah memberikan kepadamu
kesetiaan kami untuk mendengar dan thaat kepadamu... Demi ALlah, Dia yang telah
mengutusmu dengan kebenaran, jika engkau memasuki laut, kami akan ikut
memasukinya bersamamu dan tidaka ada seorangpun dari kami yang akan tertinggal
di belakang... Mudah-mudahan Allah akan menunjukkan kepadamu yang mana tindakan
kami akan menyukakan mu. Maka Majulah bersama-sama kami, letakkan kepercayaan
kami di dalam keberkahan Allah".
Rasulullah sangat menyukai apa yang
disampaikan dan kemudian beluai bersabda, "Majulah ke depan dan yakinlah
yang Allah telah menjajikan kepadaku satu dari keduanya (khafilah dagang atau
perang), dan demi Allah, seolah olah aku telah dapat melihat pasukan musuh
terbaring kalah". Pasukan Muslimin bergerak maju dan kemudian berhenti
sejenak di tempat yang berdekatan dengan Badar (tempat paling dekat ke Madinah
yang berada di utara Mekkah). Seorang sahabat bernama, Al-Hubab bin Mundhir
ra., bertanya kepada Rasulullah SAW, " Apakah ALlah mewahyukan kepadamu
untuk memilih tempat ini atau ianya strategi perang hasil keputusan
musyawarah?". Rasulullah SAW bersabda, "Ini adalah hasil strategi
perang dan keputusan musyawarah". Maka Al-Hubab telah mengusulkan kembali
kepada Rasulullah SAW agar pasukan Muslimin sebaiknya bermarkas lebih ke
selatan tempat yang paling dekat dengan sumber air, kemudian membuat kolam
persediaan air untuk mereka dan menghancurkan sumber air yang lain sehingga
dapat menghalang orang kafir Quraish dari mendapatkan air. Rasulullah SAW
menyetujui usulan tersebut dan melaksanakannya [*]. Kemudian Sa'ad bin Muadh
mengusulkan untuk membangun benteng untuk Rasulullah SAW untuk melindungi
beliau dan sebagai markas bagi pasukan Muslimin. Rasulullah SAW dan Abu Bakar
ra. tinggal di dalam benteng sementara Sa'ad bin Muadh dan sekumpulan lelaki
menjaganya.
Rasulullah SAW telah menghabiskan
sepanjang-panjang malam dengan berdoa dan beribadah walaupun beliau
SAWmengetahui bahwa Allah ta'ala telah menjanjikannya kemenangan. Ianya
melebihi cintanya dan penghambaannya dan penyerahandiri kepada Allah ta'ala
dengan ibadah yang Beliau SAW kerjakan. Dan ianya telah dikatakan sebagai
bentuk tertinggi dari ibadah yang dikenal sebagai 'ainul yaqiin.
PERANG KHANDAK
Di Madinah terdapat
komplot yang mahu membunuh Nabi, yang digerakkan oleh orang orang Yahudi (Banu
Nadhir). Di kala Nabi berjalan jalan di lorong mereka, nyaris saja Nabi dapat
mereka bunuh. Untung Nabi dapat mengetahui terlebih dahulu, sehingga terhindar
dari bahaya. Hal ini ternyata melanggar perjanjian mereka dengan Nabi.
Kerana ini, sesuai
dengan perjanjian itu, maka Nabi mengeluarkan perintah agar semua bangsa Yahudi
keluar dari kota Madinah dan kepada mereka diizinkan membawa semua harta benda
dan kekayaan mereka. Tetapi mereka menentang perintah ini kerana merasa kuat
dan mengharapkan bantuan Abdullah bin Ubay.
Sesudah dikepung oleh
tentera Islam, mereka menyerah kalah, dilucutkan senjata dan diusir keluar
Madinah. Pengusiran ini terjadi pada bulan Rabi'ul Awwal tahun keempat Hijrah.
Dengan pengusiran ini,
bergabunglah kekuatan Yahudi dengan kekuatan kaum kafir Quraisy yang ada di
kota Makkah, untuk menyerang Nabi dan ummat Islam. Kekuatan mereka ditambah
lagi dengan bergabungnya orang Ghatafan dan Habsyi. Kota Madinah dikepung dari
segala pihak oleh tentera gabungan musuh ini.
Menurut nasihat Salman
al-Farisi (sahabat Nabi bangsa Persia), Nabi memerintahkan untuk menggali parit
di sekeliling kota Madinah, lebih lebih daerah yang kurang kuat pertahanannya.
Satu sektor dan parit ini, diserahkan kepada Banu Quraidzah mempertahankannya.
Di luar parit pertahanan
itu, tampak tentera musuh berkumpul dengan khemah mereka, yang berjumlah tidak
kurang dari sepuluh ribu tentera, terdiri dari kaum Quraisy, Banu Kinanah,
Ghatafan, Tihamah dan Najid.
Nabi hanya dapat
mengumpulkan tentera dua ribu orang. Setiap tentera Islam sudah siap di pinggir
parit pertahanan, mereka menanti musuh yang datang menyerang. Setiap musuh yang
datang menyerang, dapat diundurkan. Akhirnya musuh mengundur diri dan mengubah
cara dengan menghalang agar penduduk kota Madinah mati kelaparan.
Dua puluh hari dua puluh
malam lamanya halangan itu dijalankan. Kaum Muslimin mulai diserang kelaparan.
Keadaan bertambah sulit bagi ummat Islam, setelah pemimpin Banu Quraidzah yang
bernama Ka'ab bin Asad menyeleweng dan lari ke pihak musuh, sedang dia adalah
orang yang tahu benar strateji pertahanan Nabi.
Ramai tentera Islam yang
takut dan khuatir kerana peristiwa itu. Mereka khuatirkan kalau kalau kerana
pengaruh orang orang munafik yang menyeleweng itu, teman temannya yang lain
dalam tentera Islam akan turut menyeleweng sama. Setelah lebih dua puluh hari,
tentera musuh tidak tahan hati, lalu menyerbu dengan melompati parit yang agak
sempit dengan kuda mereka.
Ali yang berbadan kecil
itu, telah dapat membunuh pemerintah tentera musuh yang bernama 'Amru bin Abdu
Wid yang berbadan besar dan gemuk. Sedang Safiah, anak perempuan nenek Nabi
(Abdul Muttalib), dapat menewaskan pemuka Yahudi.
Kerana keadaan, Nabi
mengadakan tipu muslihat. Nu'aim adalah pemuka bangsa Ghatafan yang telah masuk
Islam tetapi tidak diketahui oleh kaumnya, diutus oleh Nabi untuk menemui musuh
dengan tipu muslihat. Bangsa Ghatafan (Yahudi) dihasutnya untuk tidak percaya
kepada bangsa Quraisy dan sebaliknya bangsa Quraisy pun dihasutnya supaya tidak
percaya kepada bangsa Ghatafan, dengan kata katanya.
Barisan musuh mulai
saling mencurigai antara satu sama lain. Di kala itu turunlah angin keras,
menyebabkan musuh lebih kelam kabut takut kepada kawan sendiri. Akhirnya mereka
mengundurkan diri ke kampungnya masing masing.
Setelah tempat itu
bersih dari semua tentera musuh, Nabi lalu berkata kepada kaum Muslimin:
"Ini adalah kali penghabisan buat bangsa Quraisy menyerang kita. Mulai
sekarang kita diwajibkan menyerang mereka."
Sebelum sembahyang Asar
di hari itu juga, di kala tentera Islam yang letih dan lesu itu sedang
beristirahat, tiba tiba terdengar mu'azzin azan dengan suara yang nyaring. Kaum
Muslimin lalu berkumpul mahu sembahyang. Tetapi sebelum sembahyang, mu'azzin
itu menyiarkan perintah Nabi yang berbunyi: "Barangsiapa yang suka
mendengar dan patuh, tidaklah ia sembahyang Asar hari ini, kecuali di tempat
kediaman Banu Quraidzah."
Hal ini bererti bahawa
mereka di saat itu juga harus menyerang Banu Quraidzah yang telah mengkhianati
kaum Islam di medan perang dan ini
adalah perintah Malaikat
kepada Nabi.
Dua puluh lima hari
lamanya Banu Quraidzah yang terdiri dari bangsa Yahudi itu dikepung dan
akhirnya menyerah kalah. Kaum Aus meminta kepada Nabi, agar mereka itu jangan
dibunuh, tetapi diusir saja seperti Banu Nadhir dahulu. Tetapi mengingat
besarnya pengkhianatan mereka, Nabi tidak dapat menghukum mereka dengan hanya
mengusir saja, yang mungkin akan menambah kekuatan musuh pula jadinya. Akhirnya
Nabi mendapat akal baru. Sa'ad bin Mu'az diangkat Nabi menjadi hakim terhadap
tawanan tawanan itu. Nabi menyerahkan keputusan kepada hakim ini. Mendengar itu
kaum Aus merasa puas dan Banu Quraidzah sendiri pun timbul harapan bagi mereka.
Sa'ad sendiri di perang
Khandak, kena panah dari kaum Quraidzah ini. Dia mendoa agar dia jangan mati
dahulu sebelum dapat menghukum kaum pengkhianat ini.
Banu Quraidzah
dimintanya bersumpah untuk tunduk atas keputusan yang akan diambilnya. Setelah
sumpah selesai, Sa'ad bin Mu'az lalu menetapkan keputusan sebagai berikut:
"Lelaki bangsa Quraidzah dibunuh semua (yang bersalah), harta bendanya
dibagi bagi dan anak anak serta perempuan perempuannya ditawan."
Tujuh ratus orang lelaki
Banu Quraidzah yang khianat itu pun dibunuh, kerana dosa mereka yang besar
sekali. Begitulah hukum yang ditetapkan Tuhan bagi mereka. Sejak hari itu,
tamatlah riwayat bangsa Yahudi dari kota Madinah. Sebahagian mereka pindah ke
Syria, sebahagian lagi ke Khaibar. Begitulah nasib mereka kerana melanggar
perjanjian dan mengkhianati langsung umat Islam dan Nabi.
PERANG UHUD
Pengalaman pahit yang dirasakan oleh kaum Quraisy
dalam perang Badar telah menyisakan luka mendalam nan menyakitkan. Betapa
tidak, walaupun jumlah mereka jauh lebih besar dan perlengkapan perang mereka
lebih memadai, namun ternyata mereka harus menanggung kerugian materi yang
tidak sedikit.
Dan yang lebih menyakitkan mereka adalah
hilangnya para tokoh mereka. Rasa sakit ini, ditambah lagi dengan tekad untuk
mengembalikan pamor Suku Quraisy yang telah terkoyak dalam Perang Badar,
mendorong mereka melakukan aksi balas dendam terhadap kaum Muslimin. Sehingga
terjadilah beberapa peperangan setelah Perang Badar. Perang Uhud termasuk di
antara peperangan dahsyat yang terjadi akibat api dendam ini. Disebut perang
Uhud karena perang ini berkecamuk di dekat gunung Uhud. Sebuah gunung dengan
ketinggian 128 meter kala itu, sedangkan sekarang ketinggiannya hanya 121 meter.
Bukit ini berada di sebelah utara Madinah dengan jarak 5,5 km dari Masjid
Nabawi.
WAKTU KEJADIAN
Para Ahli Sirah sepakat bahwa perang ini terjadi
pada bulan Syawwâl tahun ketiga hijrah Rasulullâh Salallahu ‘Alaihi Wassalam ke
Madinah. Namun mereka berselisih tentang harinya. Pendapat yang yang paling
masyhûr menyebutkan bahwa perang ini terjadi pada hari Sabtu, pertengahan bulan
Syawwal.
PENYEBAB PERANG
Di samping perang ini dipicu oleh api dendam
sebagaimana disebutkan diawal, ada juga penyebab lain yang tidak kalah
pentingnya yaitu misi menyelamatkan jalur bisnis mereka ke Syam dari kaum
Muslimin yang dianggap sering mengganggu. Mereka juga berharap bisa memusnahkan
kekuatan kaum Muslimin sebelum menjadi sebuah kekuatan yang dikhawatirkan akan
mengancam keberadaan Quraisy.
Inilah beberapa motivasi yang melatarbelakangi
penyerangan yang dilakukan oleh kaum Quraisy terhadap kaum Muslimin di Madinah.
JUMLAH PASUKAN
Kaum Quraisy sejak dini telah mempersiapkan
pasukan mereka. Barang dagangan dan keuntungan yang dihasilkan oleh Abu Sufyân
beserta rombongan yang selamat dari sergapan kaum Muslimin dikhususkan untuk
bekal pasukan mereka dalam perang Uhud. Untuk menyukseskan misi mereka dalam
perang Uhud ini, kaum Quraisy berhasil mengumpulkan 3 ribu pasukan yang terdiri
dari kaum Quraisy dan suku-suku yang loyal kepada Quraisy seperti Bani Kinânah
dan penduduk Tihâmah. Mereka memiliki 200 pasukan berkuda dan 700 pasukan yang
memakai baju besi. Mereka mengangkat Khâlid bin al-Walîd sebagai komandan sayap
kanan, sementara sayap kiri di bawah komando Ikrimah bin Abu Jahl.
Mereka juga mengajak beberapa orang wanita untuk
membangkitkan semangat pasukan Quraisy dan menjaga mereka supaya tidak
melarikan diri. Sebab jika ada yang melarikan diri, dia akan dicela oleh para wanita
ini. Tentang jumlah wanita ini, para Ahli Sirah berbeda pendapat. Ibnu Ishâq
rahimahullah menyebutkan bahwa jumlah mereka 8 orang, al-Wâqidi rahimahullah
menyebutkan 14 orang, sedangkan Ibnu Sa’d rahimahullah menyebutkan 15 wanita.
MIMPI RASÛLULLÂH SHALLALLÂHU 'ALAIHI
WASALLAM
Sebelum peperangan ini berkecamuk, Rasûlullâh
Shallallâhu 'Alaihi Wasallam diperlihatkan peristiwa yang akan terjadi dalam
perang ini melalui mimpi. Rasûlullâh Shallallâhu 'Alaihi Wasallam menceritakan
mimpi ini kepada para Sahabat. Beliau Rasûlullâh Shallallâhu 'Alaihi Wasallam
bersabda:
“Saya bermimpi mengayunkan pedang lalu pedang itu
patah ujungnya. Itu (isyarat-pent) musibah yang menimpa kaum Muslimin dalam
Perang Uhud. Kemudian saya ayunkan lagi pedang itu lalu pedang itu baik lagi,
lebih baik dari sebelumnya. Itu (isyarat –pent-) kemenangan yang Allah Ta’ala
anugerahkan dan persatuan kaum Muslimin. Dalam mimpi itu saya juga melihat sapi
–Dan apa yang Allah lakukan itu adalah yang terbaik- Itu (isyarat) terhadap
kaum Muslimin (yang menjadi korban) dalam perang Uhud. Kebaikan adalah kebaikan
yang Allah Ta’ala anugerahkan dan balasan kejujuran yang Allah Ta’ala
karuniakan setelah perang Badar”.
Rasûlullâh Shallallâhu 'Alaihi Wasallam
menakwilkan mimpi Beliau ini dengan kekalahan dan kematian yang akan terjadi
dalam Perang Uhud.
Saat mengetahui kedatangan Quraisy untuk menyerbu
kaum Muslimin di Madinah, Rasûlullâh Shallallâhu 'Alaihi Wasallam mengajak para
Sahabat bermusyawarah untuk mengambil tindakan terbaik. Apakah mereka tetap
tinggal di Madinah menunggu dan menyambut musuh di kota Madinah ataukah mereka
akan menyongsong musuh di luar Madinah?
Rasûlullâh Shallallâhu 'Alaihi Wasallam cenderung
mengajak para Sahabat bertahan di Madinah dan melakukan perang kota, namun
sekelompok kaum Anshâr radhiallahu'anhum mengatakan,
“Wahai Nabiyullâh! Sesungguhnya kami benci
berperang di jalan kota Madinah. Pada jaman jahiliyah kami telah berusaha
menghindari peperangan (dalam kota), maka setelah Islam kita lebih berhak untuk
menghindarinya. Cegatlah mereka (di luar Madinah) !"
Rasûlullâh Shallallâhu 'Alaihi Wasallam bersiap
untuk berangkat. Beliau mengenakan baju besi dan segala peralatan perang.
Setelah menyadari keadaan, para Sahabat saling menyalahkan. Akhirnya, mereka
mengatakan:
“Rasûlullâh Shallallâhu 'Alaihi Wasallam
menawarkan sesuatu, namun kalian mengajukan yang lain. Wahai Hamzah, temuilah
Rasûlullâh Shallallâhu 'Alaihi Wasallam dan katakanlah, “Kami mengikuti
pendapatmu”".
Hamzah radhiallahu’anhu pun datang menemui
Rasûlullâh Shallallâhu 'Alaihi Wasallam dan mengatakan, ‘Wahai Rasulullâh,
sesungguhnya para pengikutmu saling menyalahkan dan akhirnya mengatakan, ‘Kami
mengikuti pendapatmu.’ Mendengar ucapan paman beliau ini, Rasulullâh Salallahu
‘Alaihi Wassalam bersabda :
‘Sesungguhnya jika seorang Nabi sudah mengenakan
peralatan perangnya, maka dia tidak akan menanggalkannya hingga terjadi
peperangan’.
Keputusan musyawarah tersebut adalah menghadang
musuh di luar kota Madinah. Ibnu Ishâq rahimahullah dan yang lainnya
menyebutkan bahwa ‘Abdullâh ibnu Salûl setuju dengan pendapat Rasûlullâh
Shallallâhu 'Alaihi Wasallam untuk tetap bertahan di Madinah. Sementara
at-Thabari membawakan riwayat yang berlawanan dengan riwayat Ibnu Ishâq
rahimahullah, namun dalam sanad yang kedua ini ada orang yang tertuduh dan
sering melakukan kesalahan. Oleh karena itu, al-Bâkiri dalam tesisnya lebih
menguatkan riwayat yang dibawakan oleh Ibnu Ishâq rahimahullah.
Para Ulama Ahli Sirah menyebutkan bahwa yang
memotivasi para Sahabat untuk menyongsong musuh di luar Madinah yaitu keinginan
untuk menunjukkan keberanian mereka di hadapan musuh, juga keinginan untuk
turut andil dalam jihad, karena mereka tidak mendapat kesempatan untuk ikut
dalam Perang Badar.
Sementara, Rasûlullâh Shallallâhu 'Alaihi
Wasallam lebih memilih untuk tetap tinggal dan bertahan di Madinah, karena
Beliau ingin memanfaatkan bangunan-bangunan Madinah serta memanfaatkan
orang-orang yang tinggal di Madinah.
PELAJARAN DARI KISAH
Kaum Muslimin yang sedang berada di daerah, jika
diserbu oleh musuh, maka mereka tidak wajib menyongsong kedatangan musuh.
Mereka boleh tetap memilih bertahan di rumah-rumah mereka dan memerangi musuh
di sana. Ini jika strategi ini diharapkan lebih mudah untuk mengalahkan musuh.
Hal ini sebagaimana yang diisyaratkan oleh Rasûlullâh Shallallâhu 'Alaihi
Wasallam dalam Perang Uhud.
Ijin copy ya...
BalasHapusMERINDING BACANYA JUGA.. .
BalasHapusindon ke
BalasHapusindon ke
BalasHapushttp://nalurerenewws.blogspot.com/2018/07/taipanqq-ini-alasan-mengapa-pria-senang.html
BalasHapusTaipanbiru
TAIPANBIRU . COM | QQTAIPAN .NET | ASIATAIPAN . COM |
-KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID terbaik nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
• BandarQ
• AduQ
• Capsasusun
• Domino99
• Poker
• BandarPoker
• Sakong
• Bandar66
Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
customer service kami yang profesional dan ramah.
NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
• WA: +62 813 8217 0873
• BB : E314EED5
Daftar taipanqq
Taipanqq
taipanqq.com
Agen BandarQ
Kartu Online
Taipan1945
Judi Online
AgenSakong